Suhartiniblog
TUT WURI HANDAYANI ING NGARSO SUN TULODO

Rabu, 10 Oktober 2012

Kesalahan Orang Tua Terhadap anak

Sebagai Orang tua kita harus memliki pandangan yang positp dan selalu memperhatikan putra putrinya.

Kelakuakn Orang Tua yang Merugikan anak

Orang tua dan anak dalam sebuah keluarga adalah hal yang tidak mungkin bisa terpisahkan. Namun, dalam keadaan bersama tentu saja banyak terjadi konflik yang terjadi antara keduanya. Konflik yang terkadang bisa membuat keduanya menjadi renggang. Kerenggangan itu terjadi karena tidak terciptanya mediasi yang bagus antara keduanya. Dalam hal ini, orang tua sangat berperan dalam menciptakan mediasi, tapi kalaupun orang tua sudah tidak bisa melakukan mediasi atau ego orang tua terlalu tinggi, adalah sebuah kewajiban bagi anak untuk memperbaiki hubungannya dengan orang tua. Karena pada umumnya, tidak ada orang tua yang ingin anaknya tidak baik.
Terlepas dari konflik yang biasa terjadi tersebut dapat dipastikan anaklah yang sering membuat kesalahan. Namun, dari sekian kesalahan yang dilakukan anak, terkadang orang tua lupa akan hal yang mereka lakukan terkadang merupakan hal yang salah. Beberapa kesalahan orang tua yang tidak mereka sadari bisa merusak anak adalah sebagai berikut:
1. Orang tua perokok, tidak jarang ditemukan orang tua merokok ketika sedang mengassuh anaknya. Mereka tidak menyadari bahwa asap rokok itu dapat merusak kesehatan paru-paru anaknya.
2.  Bertengkar, pertengkaran orang tua sering terjadi dihadapan anaknya, mereka tidak menyadari bahwa hal itu bisa membuat mental anak mereka menjadi terganggu, dan yang paling parah adalah kenakalan yang dilakukan anaknya, gara-gara pertengkaran.
3.  Pemaksaan kehendak dalam penentuan tujuan hidup, walau hal ini Cuma saya liat dari sinetron atau film-film. Namun, saya yakin ada beberapa orang tua, yang memaksakan kehendak mereka dalam menetukan tujuan hidup mereka, tanpa mereka sadari bahwa hal itu hanya akan membuat mereka menjadi seorang yang pemberontak atau malah membuat anak menjadi terbebani dan paling parah bisa menjadikan mereka menjadi depresi. Hal ini bisa membuat  anak lari ke lembah narkoba. Semoga gak separah itu.
4.  Menentang kehendak hati (Pacar Anak), dalam hal ini orang tua yang disalahkan adalah melihat segala sesuatu dari nilai komersialnya saja, kriteria orang tua adalah memilki menantu yang memiliki kePRIBADIan, yaitu, punya mobil pribadi, rumah pribadi, dan segala sesuatu yang mereka miliki secara pribadi,hehehehe
5. Terakhir terlebih kepada contoh yang diberikan oleh orang tua, apapun yang dilakukan orang tua yang mungkinsekecil apapun adalah hal yang akan dicontoh oleh anak dengan cepat. Karena naluri anak itu adalah lebih percaya adalah orang tua mereka adalah hal yang paling baik untuk dicontoh.
Demikianlah yang hal-hal yang orang tua lakukan yang secara tidak mereka sadari bahwa hal itu dapat merusak/merugikan anak mereka. Harapan saya adalah supaya orang tua atau calon orang tua nantinya lebih memperhatikan jiwa dan keinginan anak-anak mereka.
Samapai jumpa di artikel menarik saya berikutnya, oh ya, bagi anda yang tertarik dengan artikel seblumnya adalah tentang 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar