Suhartiniblog
TUT WURI HANDAYANI ING NGARSO SUN TULODO

Kamis, 18 Oktober 2012

Teori belajar piaget

Pendapat piaget mengenai perkembangan proses belajar pada anak-anak adalah sebagai berikut
1. anak anak struktur mental yang berbeda denga orang dewasa mereka bukan orang dewasa dalam bentuk kecil, mereka mempunyai cara yang khas untuk menyatakan kenyataan dan untuk mnghayati dunia sekitar. Maka memerlukan pelayanan sendiri dalam belajar.
2. Perkembangan mental pada anak melalui tahap-tahap tertentu menurut suatu urutan yang sama bagi semua anak.
3. walaupun berlangsungnya tahap-tahap perkembangan itu melalui urutan tertentu, tetapi jangka waktu untuk berlatih dari tahap ketaha yang lain tidaklah selalu sama pada setiap anak.

4. perkembangan mental anak di pengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
a. kemasakan
b. pengalaman
c. interaksi social.
d. equilibration ( proses dari ketiga di atas bersama-sama untuk membangun dan memperbaiki struktur mental.
5. ada tiga tahap perkembangan, yaitu:
1. berpikir secara intuitif 4 tahun
2. beroprasi secara kongkret 7 tahun
3. beroprasi secara formal 11 tahun
Perlu di ketahui pula dalam perkembangan intelektual terjadi proses yang sederhana seperti melihat,mrnyentuh mrnyrbut nama benda dan sebagainya, dan adaptasi yaitu suatu rangakian perubahan yang terjadi setiap individu sebagai hasil interaksi denagn dunia sekitarnya
Sumber. Slameto, belajar dan factor-fator yang mempengaruhinya, Rineka cipta, Jakarta, 2010

0 komentar:

Posting Komentar